SELUK BELUK MENULIS, CARA MEMBUAT CERPEN, NOVEL, BUKU ILMIAH, BUKU POPULER, ARTIKEL, PROPOSAL, LAPORAN, KARYA ILMIAH, TESIS, LEAFLET, JUKNIS, NEWS LETTER, JURNAL, SKENARIO, TULISAN DI BLOG, KIAT MENJADI PENULIS SUKSES

Kapan bahan cerita novel dan cerpen diperoleh ?

Kapan bahan cerita bisa diperoleh ? Itu pertanyaan lain dari Ani. Dia nampak ingin mengetahui lebih jauh tentang penulisan novel dan cerpen. Suatu saat nanti, dia ingin menulisnya. Kembali naluriku sebagai seorang penulis muncul dan siap dengan jawaban lain. Aku memang selalu ingin menolong orang lain yang tidak tahu dalam segala hal. Terlebh lagi dengan Ani yang telah mengoreksi naskahku.


Menurutku, bahan cerita novel dan cerpen bisa diperoleh kapan saja. Selama hayat dikandung badan. Selama mata masih bisa memandang. Selama telinga masih bisa mendengar. Selama pikiran masih bisa menerawang.Dan selama dunia ini belum kiamat. Pagi, siang, sore, malam atau apapun istilah orang dalam menyebutkan waktu. Di situlah ada kehidupan sebagai sumber dan inspirasi cerita.


Coba saja kita amati. Dalam menjalani kehidupan, setiap orang, termasuk kita memiliki aktivitas yang sama. Pada malam hari, kita dan kebanyakan orang terlelap tidur. Paginya bangun, shalat, mandi dan sarapan, sebelum beraktivitas rutin. Pada saat melakukan aktivitas itu, tentu saja terkadang mereka disuguhkan dengan masalah dan konplik serta solusi. Nah itu bisa menjadi sumber cerita novel atau cerpen.


Setelah melewati pagi, mereka melakukan aktivitas rutin, tergantung profesinya. Puluhan siswa akan pergi ke sekolah. Ketika di sekolah, mereka pasti menghadapi berbagai masalah. Masalah pelajaran, misalnya tugas yang belum selesai. Masalah dengan teman, termasuk cinta. Masalah dengan guru dan masalah dengan sekolah. Semua masalah bisa menjadi konplik yang membutuhkan solusi. Itu bisa menjadi bahan cerita.


Puluhan karyawan akan pergi ke kantornya masing-masing. Ketika di kantor, mereka pasti menghadapi berbagai masalah. Masalah pekerjaan yang belum selesai. Masalah pekerjaan baru yang dianggap berat. Masalah sesama karyawan, mungkin termasuk cinta. Masalah dengan atasan, relasi dan masalah lain. Semua masalah itu bisa menimbulkan konplik dan membutuhkan solusi. Itu juga bisa menjadi bahan cerita.


Demikian juga dengan orang-orang yang berprofesi lain. Mereka pasti mengalami hal yang serupa, dengan solusi yang berbeda-beda sebagai jalan untuk memecahkan masalah-masalah itu. Semua bisa dijadikan bahan cerita novel atau cerpen. Ani nampak puas dengan jawaban itu. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mencari bahan cerita. Yang pasti setiap saat bahan cerita pasti bisa diperoleh.


Selamat mencoba !

RUANG TERIMA KASIH