SELUK BELUK MENULIS, CARA MEMBUAT CERPEN, NOVEL, BUKU ILMIAH, BUKU POPULER, ARTIKEL, PROPOSAL, LAPORAN, KARYA ILMIAH, TESIS, LEAFLET, JUKNIS, NEWS LETTER, JURNAL, SKENARIO, TULISAN DI BLOG, KIAT MENJADI PENULIS SUKSES

Dimana bahan cerita novel dan cerpen diperoleh ?

Darimana bahan cerita novel bisa diperoleh ? Pertanyaan itu meluncur dari mulut Ani, seorang siswa SMU yang gemar membaca novel. Dia pernah menangis gara-gara membaca naskahku. Menurutnya, naskah itu telah membawanya larut dalam kepedihan, seperti yang dialami Andi, pemeran dalam novel itu. Pertanyaan yang sama bisa saja muncul dari kamu sebagai penulis pemula.


Mendengar pertanyaan itu, naluriku sebagai seorang penulis muncul. Sebuah jawaban telah siap untuk menolongnya. Karena pertanyaan yang sama pernah juga terlintas dalam benakku saat aku akan menulis buku pertamaku dan ingin menulis buku-buku lainnya. Tetapi nyatanya, sekarang aku telah sukses menulis delapan buah judul buku teknis, sembilan judul novel dan puluhan cerpen.


Menurutku, bahan cerita untuk novel atau cerpen bisa diperoleh dimana saja, di setiap jengkal tanah di muka bumi ini. Sejauh mata memandang, setajam telinga mendengar dan sejauh angan menerawang, di situlah bahan cerita bisa diperoleh. Karena di tempat-tempat itu menjelma kehidupan manusia, dengan beragam bentuk, karakter. Suku, bangsa, bahasa dan tradisi.


Dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu di rumah. Di rumah kita tinggal dengan bapak, ibu, adik, kakak dan anggota keluarga lainnya. Dalam menjalani kehidupan, kita dan mereka masing-masing selalu menghadapi masalah, mulai dari masalah keuangan, karir, cinta dan masalah lainnya. Masalah itu akan memicu konplik, berikut dengan berbagai solusinya, hingga masalah itu berakhir.


Lingkungan terdekat lainnya adalah tetangga. Kalau kita amati, mereka juga menghadapi kehidupan yang serupa, masalah, konplik dan solusi. Bahkan masalah dan konplik yang terjadi bisa lebih luas dan lebih besar lagi, hingga membutuhkan berbagai solusi agar bisa menyelesaikan masalah itu. Demikian pula dengan kehidupan di sekolah, di kampus, di kantor, di pasar dan tempat-tempat lainnya.


Ani nampak puas dengan jawaban itu, meski pertanyaan lain siap meluncur. Semoga kalian juga puas dengan jawaban itu. Tetapi bila tak percaya, cobalah kalian amati sendiri apa yang terjadi di sana. Yang pasti di rumah, di sekitar rumah, di sekolah, di kampus, di kantor dan di tempat-tempat lainnya bisa dijadikan sebagai bahan dan ispirasi cerita dalam cerpen dan novel kalian.


Selamat mencoba !

RUANG TERIMA KASIH