SELUK BELUK MENULIS, CARA MEMBUAT CERPEN, NOVEL, BUKU ILMIAH, BUKU POPULER, ARTIKEL, PROPOSAL, LAPORAN, KARYA ILMIAH, TESIS, LEAFLET, JUKNIS, NEWS LETTER, JURNAL, SKENARIO, TULISAN DI BLOG, KIAT MENJADI PENULIS SUKSES

Pemilik Blog

My name is Usni Arie PS. I was born in Bogor April 3 1962. All day I work as Civil Servant in Main Center for Freshwater Aquaculture Development (MCFAD) Indonesia. My rest time, I use for writing fisheries book, motivation and story. Five books have published by Penebar Swadaya Publishing, Jakarta. I also a consultant of fisheries. Now I live ini Kp. Cipriangan Desa Semplak Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Beside a writer, I also write in internet or also named Blogger, specially about fisheries. Now I would like to write about Writing Manual.

Bicara kepemilikan, kita semua milik Allah dan suatu saat akan diambil oleh-Nya. Blog ini juga milik-Nya, tetapi boleh dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkannya, termasuk anda sebagai pengunjung. Namun sebelum membaca lebih jauh, alangkah baiknya anda mengenal dulu siapa penulis blog ini. Ssiapa tahu suatu saat kita bisa bertemu dan bersiraturochim. Atau mungkin saja kita pernah bertemu dan saling kenal. Lewat tulisan ini saya ingin memperkenalkan diri. Semoga perkenalan ini membawa berkah.

Nama saya Usni Arie. Lahir di Bogor pada tanggal 3 April 1962, dari ibu bernama Siti Djubaedah dan bapak bernama Arifin (almarhum). Meski keadaan orang tua sangat sederhana, tapi saya bangga dengan mereka. Berkat mereka, saya bisa seperti ini. Satu pesan dari bapak, kamu jangan berhenti belajar. Karena hidup ini diawali dengan belajar. Pesan itu selalu mengiang di telinga, meski bapak sudah tiada.

Saya menyelesaikan seluruh pendidikan formal di Bogor, yaitu di Sekolah Dasar Negeri Kotabatu I Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, lulus tahun 1975; Sekolah menengah Pertama Negeri III Jalan Malabar (Belakang PMI Bogor), lulus tahun 1977; Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Jalan Cikaret no 2 Bogor, lulus tahun 1981, Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) Jurusan Penyuluhan Perikanan Jalan Cikaret no 2 Bogor lulus tahun 1995. Pernah meneruskan di Universitas Bandung Raya, tapi tidak lulus. Dari catatan itu, saya tidak berpendidikan tinggi.

Saat ini saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air tawar Sukabumi. Di instansi ini saya sudah bekerja selama 26 tahun, atau dimulai sejak keluar sekolah. Tahun 1981 hingga 1992 ditunjuk sebagai tenaga teknisi lapangan, tahun 1993 hingga 1995 mengikuti pendidikan di APP Bogor, tahun 1996 hingga 1997 kembali ditunjuk sebagai tenaga lapangan, tahun 1998 hingga 2002 dipercaya untuk menududuki jabatan Kepala Sub Seksi Pelayanan Teknis, tahun 2002 hingga 2006 diangkat menjadi tenaga fungsional (litkayasa) dan tahun sejak tahun 2006 hingga sekarang diangkat menjadi Kepala Seksi Sarana Laboratorium.

Di sela-sela kesibukan, saya selalu menyempatkan diri untuk mmbuat tulisan. Tulisan tentang apa saja, yang penting bisa dibaca dan bermanfaat bagi orang lain. Tulisan yang paling banyak saya buat adalah teknis budidaya ikan. Dari tulisan-tulisan itu, lahirlah 5 buah judul buku yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Buku pertama berjudul Pembibitan dan Pembesaran Bullfrog. Buku itu terbit tahun 1998, Dalam tahun yang sama terbit buku kedua berjudul Pembenihan dan Pembesaran Nila GIFT. Tahun berikutnya terbit beuku ketiga berjudul Mengatasi Permasalahan Budidaya Lele Dumbo. Tahun 2000, terbit buku keempat berjudul Bawar Air Tawar untuk Konsumsi dan Hias. Buku berjudul Sidat Penduan Agribisnis, Pendederan dan Pembesaran. Dua buah judul buku lagi dalam proses.

Mulanya tidak ada dugaan sedikitpun kalau saya akan menjadi seorang penulis. Karena aliran darah dari kedua orang tua tidak ada sedikitpun. Lagi pula saya merasa tidak memiliki bakat untuk melakukannya. Tapi Allah telah berkehendak lain. Dia telah menjadikan hamba pilihan-Nya. dan menjadikan saya sebagai penulis. Ini satu anugrah dari-Nya kepada seorang hamba-hamba pilhan-Nya. Alhamdulilla saya telah menjadi hamba pilihan-Nya. dengan sebuah kelebihan. Kelebihan ini telah menjadikan hidup yang bahagia. Terima kasih Ya Robby.

RUANG TERIMA KASIH