SELUK BELUK MENULIS, CARA MEMBUAT CERPEN, NOVEL, BUKU ILMIAH, BUKU POPULER, ARTIKEL, PROPOSAL, LAPORAN, KARYA ILMIAH, TESIS, LEAFLET, JUKNIS, NEWS LETTER, JURNAL, SKENARIO, TULISAN DI BLOG, KIAT MENJADI PENULIS SUKSES

Tip jitu membuat cerpen

Membuat cerpen sangat mudah. Itu kata cenpenis, orang biasa membuatnya. Tapi bagi orang lain, terutama orang yng belum pernah membuat atau orang yang akan mencoba mungkin terasa susah. Karena tidak tahu bagaimana cara membuatnya dan darimana harus memulainya. Tapi jangan khawatir, lewat artikel ini saya akan memandu kamu hingga bisa mewujudkan keinginan itu.


Membuat cerpen ibarat kamu menceritakan sesuatu kepada seorang teman. Bedannya kalau kamu bercerita dengan mulut dan dalam bentuk lisan, sedangkan kalau cerpen dengan tangan dan dalam bentuk tulisan. Jadi kamu tinggal merubah dari bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Baca artikel ini hingga selesai, karena saya akan memberikan kiat yang jitu kamu.


Pada saat kamu bercerita, tentu saja apa yang ceritakan itu lebih banyak pengalamanmu sendiri daripada pengalaman orang lain, meski sekali-kali kamu juga suka menceritakan pengalaman orang lain. Tetapi kamu akan merasa lebih lancar jika kamu menceritakan pengalamanmu sendiri, karena pengalamanmu tersimpan dengan baik dalam otak, hingga pada saat bercerita, kata-kata itu meluncur dengan sendirinya.


Nah, kalau kamu termasuk orang pandai bercerita atau kamu termasuk orang banyak ngomong, pasti kamu bisa membuat cerpen, apalagi kamu termasuk tipe orang yang selalu bercerita secara detail. Jadi mulailah membuat cerpen dengan pengalamanmu atau segala sesuatu yang kamu alami. Saya yakin kamu punya kenangan indah, punya kenangan pahit dan punya kenagnan lucu lucu.


Semua kenangan bisa kamu jadikan cerpen dan bisa jadi cerita menarik bagi orang lain. Masalah baik dan buruknya sebuah cerpen tergantung meramunya. Masalah panjang pendeknya tergantung cara kamu menuturkannya. Kedua masalah itu nanti akan diketahui setelah kamu membuatnya. Yang pasti sekarang bagaimana memulai membuat sebuah cerpen. Itu yang paling penting.


Nah sekarang saya akan memberikan sebuah tip agar kamu bisa membuat cerpen. Pertama, siapkan alat perekam. Bisa HP-mu, bisa juga tape recorder kecil. Usahakan alat itu kamu sembunyikan di dalam tas atau di balik baju. Kedua, siapkan bahan yang akan kamu ceritakan. Ketiga, carilah teman dekat kamu yang biasa kamu jadikan tempat curhat dan ajaklah ke suatu tempat yang nyaman.


Sampai di suatu tempat, hidupkan alat perekam itu, lalu kamu mulai bercerita. Misalnya kamu dapat cewek atau cowok baru. Temanmu pasti akan bertanya siapa namanya. Sebutkan nama cewek atau cowok baru itu. Temanmu itu pasti akan bertanya lagi, dimana kamu mengenal dia. Saat itu kamu sebutkan nama tempat itu, berikut situasi tempat itu secara panjang agar jelas dimata temanmu.


Temanmu akan bertanya lagi, kapan kamu mengenalnya. Jawablah pertanyaan itu. Misalnya kamu mengenal cewek atau cowok itu pada malam ulang tahun salah seorang teman. Ceritakan pula situasi pada ulang tahun itu, misalnya jumlah orang yang hadir, nama-nama orang hadir, acara dalam ulang tahun itu, cuaca saat ulang tahun. Misalnya terjadi hujan atau saat cuaca cerah.


Selanjutnya temanmu akan bertanya bagaimana kamu bisa mengenalnya. Nah, ceritakan pula olehmu secara panjang lebar agar jelas. Mulai pertama kamu melihatnya. Kemudian pada saat dia mendekatimu, hingga terjadi perkenalan. Kemudian ceritakan pula tentang kata-kata pertama dalam perkenalan itu, termasuk obrolan kamu. Ceritakan perasaanmu ketika dia mendekatimu dan berjabat tangan.


Selesai bercerita, matikan alat perekam itu dan kamu pulang. Sampai di rumah, hidupkan komputer dan alat perekam itu dan kamu dengar baik-baik. Apa yang kamu dengar dari alat perekam itu, kamu ketik kata demi kata.. Hasil rekaman itu sudah diketik bisa menjadi sebuah cerita. Jangan lupa cerita itu kamu perbaiki hingga menjadi cerpen yang baik dan menarik untuk dibaca.


Selamat mencoba ! !

RUANG TERIMA KASIH